Tips merawat gitar akustik atau klasik

Tips merawat gitar akustik atau gitar klasik - Selain bermain dan belajar gitar, kali kita akan membahas cara atau tips merawat gitar. Tips merawat gitar kali ini adalah khusus gitar akustik atau gitar klasik, kerana keduanya memiliki persamaan dalam cara perawatan.

Sering kali kita lalai dalam menjaga agar gitar akustik kita tetap terlihat baru, tahan lama, dan tidak cepat rusak. Meskipun merawat gitar tidak terlalu susah, namun kita banyak dari kita yang kurang memperhatikan kondisi gitar milik kita. Nah, pokok permasalahannya adalah kita mau atau tidak memperhatikan dan meluangkan waktu untuk merawat gitar kita.
tips merawat gitar akustik atau klasik dengan baik dan benar
gambar merawat gitar
Spesifikasi gitar akustik atau gitar klasik hampir semuanya adalah terbuat dari kayu kecuali bagian-bagian tertentu, seperti senar, dan item untuk stem gitar. Kayu mudah melapuk jika basah bahkan neck gitar akan melengkung, dan suara yang akan dihasilkan gitar menjadi tidak jernih lagi karena kondisi seperti itu. Ikuti beberapa tips merawat gitar akustik atau gitar klasik di bawah ini:

1. Kebersihan gitar
Bersihkan gitar secara berkala dan rutin. Kebersihan gitar menjadi hal pertama agar gitar tetap terlihat baru dan awet. Bersihkan gitar paling lama seminggu sekali atau sehari sekali jika diperlukan. Terutama saat gitar tidak pernah dimainkan, debu-debu yang menempel akan membuat gitar terlihat tidak enak dan mudah rusak terlebih pada bagian senar gitar. Penyebab utama yang jelas membuat gitar jorok yaitu minyak dan keringat yang menempel saat kita bermain gitar. Disarankan untuk membersihkan gitar setelah bermain.

Cara membersihkan gitar; gunakan kain kering dan lembuh untuk membersihkan gitar pada bagian body gitar, neck, dan bagian gitar lainnya. Boleh menggunakan tisu, kain khusus seperti untuk membersihkan layar hp/monitor komputer, dan kapas pembersih.

Khusus pada bagian senar gitar, gunakan minyak secukupnya untuk membersihkan senar gitar, dan kendorkan stelan gitar sebelum dibersihkan. Rekomendasi dari belajarkuncigitar.com, gunakan minyak kayu putih saja. Ganti senar jika kondisinya sudah berkarat, ini berfungsi untuk kenyamanan dan keamanan jari saat bermain gitar agar menghidari ujung jari tidak terluka.

2. Simpan gitar dengan baik dan benar
Pastikan gitar anda tersimpan dengan baik dan benar, caranya adalah simpan dengan menggunakan dudukan gitar agar tidak terjatuh ketika tersenggol. Rekomendasi, gunakan hardcase atau softcase (hardcase = tas gitar yang keras seperti kotak penyimpanan, softcace = tas  gitar lembut biasanya terbuat dari kain). Jika belum memiliki dudukan gitar, hardcase atau softcase, simpanlah gitar anda di dalam lemari agar terhindar dari benturan, debu atau semacamnya.

3. Kondisi lingkungan gitar
Perhatikan suhu lingkungan tempat penyimpanan gitar, jangan simpan di gudang penyimpanan. Hindari dari kelembaban,  tumpah air di gitar dan hidari gitar dari sinar matahari langsung (biasanya pantulan dari jendela kamar atau rumah). Saran, jauhkan gelas atau botol minuman dari gitar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sekian tips merawat gitar akustik/klassik dari belajar kunci gitar, semoga gitar kita awet, nyaman dan tahan lama untuk dimainkan.

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
widodo bozid
AUTHOR
January 19, 2016 at 7:07 PM delete

thanks om... ¨¨ўūþ¨☺≈•¨¨ўūþ¨☺≈•

Reply
avatar

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon