3 Tips main gitar agar suara bersih

Tips Gitar - Kamu pertama kali mulai bermain akord gitar, kadang-kadang nadanya tidak terdengar bersih atau nada tidak keluar semuanya. Kamu sering kehilangan nada pada tiap-tiap senar, atau nadanya hanya keluar pada satu senar saja. Ini wajar karena baru belajar kunci gitar. Permasalahan ini sering membuat kamu resah dan menghambat belajar gitar, jadi mari kita lihat beberapa solusi tersebut agar terpecahkan dan bisa lancar main suatu kunci gitar. Cobalah memainkan kunci gitar D (Contoh 1) dan jika suara tidak bagus dan tidak jelas, perhatikan beberapa hal berikut ini:

3 Tips memastikan kunci D dimainkan dengan benar

Berikut tips memainkan kunci gitar supaya nada terdengar bersih;
cara main kunci gitar D lengkap dengan gambar
Gambar kunci gitar D

1. Jari Manis menyentuh senar 1 dan 3

Periksa jari manis Kamu khususnya: pada chord D mungkin peletakan dan posisi jari manis ketika menekan kunci D tidak pas, ini bisa menyebabkan nada senar 1 (jari tengah di fret 2) dan senar 3 (telunjuk di fret 2) tidak keluar karena terhambat oleh jari manis. Fungsi jari manis di kunci D adalah menekan senar 2 pada fret 3, jadi pastikan sendi jari manis tegak dan tidak menyentuk senar 1 dan 3. 

2. Terlalu jauh dari fret

Perhatikan saat meletakkan jari pada tiap senarnya, usahakan setiap jari yang berfungsi menekan tali gitar benar-benar pas di dalam fret nya. Boleh ditengah-tengah atau agak dekat dengan fret yang sedang dimaikan. Intinya pada saat menekan kunci D, fungsi jari manis berada di fret 3, jari tengah dan telunjuk di fret 2. Nah, jari manis di sini jangkauannya jauh satu fret di banding jari tengah dan telunjuk. Jadi, usahakan semua (3 jari tersebut) pas dan tepat fungsi dalam menekan senar di tiap-tiap fetnya.

3. Kurang keras saat menekan

Ini mungkin terlalu sulit untuk kamu yang baru belajar kunci gitar, tapi jangan terlalu dipaksakan untuk langkah awal belajar gitar agar kamu tidak bosan belajar gitar. Perlahan tapi pasti, dengan latihan setiap hari kekuatan jari kamu dalam menekan senar-senar gitar pasti akan bertambah kuat seiring hari demi hari. Lihat juga; Gambar kunci gitar lengkap.

Itulah 3 tips saat memainkan kunci gitar agar nada yang keluar saat dipetik atau digenjreng bisa bersih dan jelas terdengar. Semoga 3 tips di atas bisa menjadi solusi untuk kamu yang susah menekan kunci gitar.
Previous
Next Post »

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon