Cara belajar gitar untuk pemula

Oke Sob, kita bahas tentang cara belajar gitar, tentunya sangat penasaran bagi kita yang pemula. Pemula, artinya orang yang baru belajar bermain gitar. “Orang lain bisa main gitar, kita kenapa tidak?”, seperti itulah yang terbayang di pikiran kita setelah atau ketika melihat orang lain main gitar.

Orang lain bisa main gitar tentu awalnya juga belajar Sob. Jadi, jangan khawatir. Permasalahannya sekarang adalah pada belajar gitar. Berhubung kita pemula dalam belajar gitar, maka berikut Media Belajar Kunci Gitar memberikan beberapa tips cara belajar gitar untuk Pemula:

Gambar cara belajar gitar
1. Niat dan keinginan
Niat nomor satu Sob, defenisi niat belajar gitar adalah keinginan sepenuhnya lahir dari hati kita, bukan karena lihat kawan bisa main gitar kemudian kita ikut-ikutan iseng belajar gitar juga. Naluri dan jiwa kita melahirkan semangat 45 untuk belajar gitar, jadi belajar itu bukan keisengan semata. Petunjuk: banyak yang belajar main gitar, namun berhenti begitu saja karena tidak ada niat dan keinginan untuk terus belajar gitar.

2. Gitar
Tentunya sobat sudah memiliki gitar, tidak perlu gitar listrik bagi kita pemula dalam belajar gitar. Cukup dengan gitar akustik saja atau gitar akustik elektrik. Jika belum punya namun sobat sangat penasaran dengan belajar gitar, sobat bisa pinjam gitar tetangga sebelah atau punya kawan. Saran, kalau bisa memiliki gitar pribadi sob. Jadi ntar kamu bisa belajar kapanpun dan dimanapun yang kamu inginkan.

3. Guru
Kenapa saya tulis guru? Kaitannya adalah kalau kita mau belajar sesuatu, tentu kita belajar sama ahlinya yaitu guru. Guru yang dimaksud di sini adalah boleh ikut private gitar di lingkungan atau kota kamu yang dianggap mahir dalam mengajari bermain gitar.

Teman adalah saudara yang paling baik, teman juga bisa menjadi guru kamu untuk belajar gitar pertama kali. Tentuunya teman yang bisa memainkan gitar. Mulailah bertanya dari istilah-istilah pada gitar, seperti apa itu fret, senar, sampai  ke kunci/chord gitar dasar. Mereka yang bisa main gitar, pertama kali belajar gitar umumnya sama teman atau sahabat mereka.

Belajar gitar sama teman atau sahabat yang bisa main gitar lebih leluasa, apalagi kawan atau sahabat yang menjadi guru belajar gitar pintar mengajari dan tidak dipungut biaya LOL. Awesome pokoknya, yaa tentu kamu juga harus banyak berterimakasih sama kawan tersebut karena mau mengajari kamu main gitar.

4. Pelajari Kunci Gitar Dasar
Dalam hal apapun, kalau kita memulai sesuatu pasti dari dasar Sob. Jadi step-nya kira seperti ini:
  • Belajar kunci gitar dasar, dan
  • Lancar memindahkan dari satu kunci gitar ke kunci gitar yang lain
  • Pelajari salah satu kunci gitar lagu kesukaan kamu. Saran: yang kunci gitarnya empat kunci aja. Kalau kamu bisa menghafal lagu tersebut lebih bagus, fungsinya untuk feeling (me-rasa-kan) kapan kunci pada tiap lirik lagu dipindahkan atau diganti dengan kunci gitar lain, jadi permainan gitar sesuai dengan nada lagunya.

5.  Latihan Rutin
Kebiasaan adalah kekuatan sob, jadi ulangi terus belajar gitar gitarnya. Pastikan dulu bahwa kamu sudah bisa memainkan satu lagu. Latihan rutin bisa kamu lakukan setiap hari ketika ada waktu luang. Kira-kira dua jam sehari atau lebih.

6. Senam Jari
Senam jari juga perlu sob, perlu diperhatikan bahwa: senam jari menjadi hal penting dalam belajar gitar. Fungsinya adalah untuk melenturkan (meringankan, mudah, gampang) jari-jari ketika memindahkan dari suatu kunci gitar ke kunci gitar yang lain.

7. Manfaatkan fasilitas internet
Fasilitas internet menjadi portal gudang ilmu apapun, termasuk belajar gitar. Cari seputar belajar kunci gitar di Google atau di Youtube, kamu akan mendapatkan sesuatu yang baru di sana. Pasti banyak yang membagikan tips, tutorial dan cara main gitar via internet

Selamat Belajar Gitar, Sukses Sob!

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Gitar akustik
AUTHOR
December 19, 2015 at 8:08 AM delete

Mantap banget penjelasannya, sangat jelas dan mudah dipahami

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
December 6, 2022 at 11:18 AM delete

The COVID-19 pandemic positively impacted the market, as 바카라사이트 customers turned extra toward the web platform to bridge their monetary, social, and psychological crises during lockdowns. With the COVID-19 outbreak, the demand for internet-based playing worldwide elevated end result of} sudden shutdown of instructional establishments and the rising adoption of the work-from-home tradition. Several operators went digital in response to the closure of many playing establishments.

Reply
avatar

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon