Cara Stem Gitar

Belajarkuncigitar.com, stem gitar atau menyetel gitar wajib bisa bagi pencinta dan pemain gitar. Stem gitar artinya menyetel gitar atau mengatur senar gitar dari senar satu sampai dengan senar enam agar menghasilkan nada yang benar dan enak didengar.

Stem gitar perlu dipelajari karena pemain gitar tidak selalu membawa alat bantu untuk gitar dan pemain gitar berpengalaman pasti rata-rata memiliki kemampuan untuk mengatur senar gitar atau stem gitar. Ada beberapa cara stem gitar, berikut 3 cara stem gitar yang biasanya dipelajari dan digunakan oleh pemain gitar:
gambar cara stem gitar

1. Manual

Stem gitar manual, mengatur tinggi atau rendah nya nada senar gitar langsung dengan insting pendengaran. Caranya sebagai berikut:

  • Stem atau atur senar gitar 1 (senar paling bawah atau kecil) dulu, jangan terlalu ketat atau kendor (longgar).
  • Stem senar 2,carannya pencet bar atau kolom gitar ke 5 pada senar ke  dua, samakan nadanya dengan senar 1.
  • Stem senar 3, carannya pencet bar atau kolom gitar ke 4 pada senar 3, samakan nadanya dengan senar 2
  • Stem senar 4, carannya pencet bar atau kolom gitar ke 5 pada senar 4, samakan nadanya dengan senar 3
  • Stem senar 5, carannya pencet bar atau kolom gitar ke 5 pada senar 5, samakan nadanya dengan senar 4
  • Stem senar 6, carannya pencet bar atau kolom gitar ke 5 pada senar 6, samakan nadanya dengan senar 5.


2. Menggunakan Tunner

Tunner ada yang terpisah ada juga yang langsung pada gitar, biasanya kalau pada gitar akustik elektrik terdapat tunernya, tergantung gitar juga. Jika belum ada, tunner terpisah ada juga, tapi menguras kocengan sobat. Saran media belajar kunci gitar kepada sobat, lebih baik belajar cara stem gitar yang nomor 1. 


3. Menggunakan Software

Software yang di install pada komputer atau laptop, kemudian sambungkan gitar dengan port sound cart laptop atau komputer dan jalankan aplikasinya. Petik atau bunyikan senar gitar, maka otomatis software akan memberikan informasi nada yang di hasilkan dari nada gitar.

Software yang biasanya digunakan untuk stem gitar adalah AP GUITAR TUNER, sobat bisa searching di google. Banyak yang membagikan software untuk gitar, seperti untuk efek gitar dan sebagainya. Dengan ini juga, aplikasi atau software tersebut memiliki tool yang dapat digunakan untuk stem gitar.
auto tune stem gitar
Kabar baru ini sob, jika sobat adalah salah satu pengguna gadget atau HP berbasis android. Nah, sobat bisa coba install aplikasi tuner untuk stem gitar. Caranya? gampang, buka dulu aplikasi AppStore, cari dengan kata kunci auto guitar tuner. Pasang salah satu aplikasi tunner gitarnya. Prinsip kerja aplikasi tersebut adalah sobat pilih satu senar (misal senar 4). Kemudian, dekat HP sobat dengan gitar, lalu petik senar 4 gitar sobat. Bila suara tuner pada HP sesuai dengan suara gitar, maka akan ada interuksi seperti pada gambar di atas, yaitu tanda conteng benar. Nah, begitu beberapa cara stem atau stell senar gitar. Oiya, catatan: usahakan jika menyetel senar gitar menggunakan aplikasi tuner aplikasi hp android, cari tempat sepi agar hasil stem gitar lebih maksimal.

Previous
Next Post »

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon