Gitar Akustik

BelajarKunciGitar.Com - Gitar akustik adalah salah satu jenis gitar yang menghasilkan suara atau getaran dari petikan senar melalui tabung gitar atau body gitar. Suara tercipta dari petikan senar yang mengendap di dalam tabung gitar dan keluar melalui lubang gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik tersebut.

Dasar suara dalam gitar akustik yaitu dari string. Umumnya dipetik dengan jari atau dengan plectrum. String bergetar pada frekuensi yang diperlukan dan juga menciptakan banyak harmonik pada berbagai frekuensi yang berbeda. Frekuensi yang dihasilkan dapat bergantung pada panjang tali, waktu, dan ketegangan. String menyebabkan papan suara dan kotak suara bergetar, dan karena ini memiliki resonansi sendiri pada frekuensi tertentu, mereka memperkuat beberapa harmonik string lebih kuat daripada yang lain, sehingga mempengaruhi timbre yang dihasilkan oleh instrumen.

gambar gitar akustik
Gambar gitar akustik
Papan suara akustik gitar, atau atas, juga memiliki efek yang kuat pada kenyaringan gitar. Tidak ada amplifikasi sebenarnya terjadi dalam proses ini, karena tidak ada energi eksternal ditambahkan untuk meningkatkan kenyaringan suara (seperti yang akan terjadi dengan penguat suara elektronik). Semua energi yang disediakan oleh pemetikan string. Tabung gitar atau body gitar meningkatkan permukaan daerah bergetar dalam proses yang disebut pencocokan impedansi mekanik. Papan suara dapat memindahkan udara jauh lebih mudah daripada string saja, karena besar dan datar. Hal ini meningkatkan efisiensi perpindahan energi seluruh sistem, dan suara jauh lebih keras dihasilkan.

Gitar akustik juga memiliki tulang didalam body (untuk memperkuat tabung) dan kopling dan resonansi efek tambahan untuk meningkatkan efisiensi transmisi energi dalam frekuensi yang lebih rendah. Udara di tabung gitar bergema dengan mode getaran dari string dan papan suara. Pada frekuensi rendah, tergantung pada ukuran kotak atau tabung gitar, begitu pula hasil suara yang dihasilkan. Ini merupakan resonasi menipis atau memperkuat suara pada frekuensi yang berbeda, meningkatkan atau redaman berbagai nada harmonik.

Karakteristik gitar akustik
  1. Suara senar (tali gitar) diperkuat oleh bagian resonansi. Resonansi merupakan peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar dan memiliki frekuensi yang sama. Resonansi bunyi pada kolom udara dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan bunyi. Contoh peristiwa resonasi seperti halnya pada gitar.
  2. Memiliki enam senar, kadang ada juga gitar akustik yang memliki tujuh senar atau lebih.
  3. Gitar akustik menggunakan senar yang terbuat dari 3 nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Tapi umumnya menggunakan semua senar yang terbuat dari baja, biasanya kita sebut dengan senar dengan elemen kawat. Kalau gitar yang menggunakan semua atau sebagian senar nilon di sebut dengan gitar klassik. 
  4. Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik. Tentunya kayu tersebut merupakan kayu pilihan.
Sekian dulu all tentang gitar akustik, semoga pembahasan seputar gitar akustik menambah wawasan sobat tentang dunia gitar. Salam media belajar kunci gitar!

Previous
Next Post »

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon