Apa itu Fingerstyle Gitar

Fingerstyle Guitar - Dunia musik sangat luas, terutama yang berhubungan dengna alat musik, jenis musik atau sering disebut juga dengan genre. Indonesia, di Indonesia sendiri memiliki alat musik yang telah dipatenkan seperti Angklung berasal dari Jawa Barat, Rapai Geleng dan Serune Kale dari Aceh dan masih banyak dari daerah-daerah lain.

Untuk jenis musik yang paling digemari masyarakat Indonesia pada umumnya adalah dangdut. Ini sudah lumrah, karena dangdut merupakan musik yang katanya “merakyat”. Namun, jenis musik lainnya juga banyak di gemari oleh masyarakat kita. Bahkan tidak sedikit Musisi Hebat Dunia berasal dari Indonesia.

Berbicara soal Fingerstyle, saya langsung ingat Sungha Jung. Sungha Jung adalah seorang pemain gitar hebat dengan teknik Fingerstyle. Pria berkelahiran 2 September 1996 ini, berasal dari Cheongju, Korea Selatan. Hampir semua penggemar Fingerstyle, Sungha Jung mejadi tokoh inspirasinya. Termasuk saya, bagaimana tidak; selain masih muda, tingkat permainan gitarnya juga dibilang “dewa”. Apalagi popularitas, sudah beberapa kali Sungha Jung bikin tour ke Indonesia, terakhir di Jogja.

belajar fingerstyle gitar akustik
Gitar akustik - Fingerstyle Guitar
Kegemaran dan dukungan dari lingkungan, terutama orang tuanya. Sungha Jung telah memulai belajar dan memainkan Fingerstyle Guitar sejak umur 5 tahunan. Setiap kali sukses atau lancar memainkan 1 lagu, Sungha Jung mengabadikan permainanan di media sosial You Tube. Media sosial video yang satu ini adalah andalan setiap orang mengisi waktu kosong bahkan kebutuhan seseorang untuk mencari informasi lebih. Nah, setiap kali cover Fingerstyle Guitar milik Sungha Jung selalu ditunggu dan sangat banyak vote like karena permainan gitar dan umurnya masih belia membuat setiap orang terkesiama dengan hasil videonya.

Kembali ke pokok bahasan topik Fingerstyle:

1. Fingerstyle gitar adalah teknik bermain gitar dengan memetik senar secara langsung dengan ujung jari, kuku, atau picks melekat pada jari-jari, sebagai lawan flatpicking (memilih catatan individu dengan plectrum tunggal yang disebut flatpick a).  
2. Istilah "fingerstyle" adalah sesuatu yang keliru, karena hadir dalam beberapa genre yang berbeda dan gaya musik - tapi sebagian besar, karena melibatkan teknik yang sama sekali berbeda, bukan hanya "gaya" bermain, terutama untuk tangan kanan gitaris . Istilah ini sering digunakan secara sinonim dengan fingerpicking, meskipun fingerpicking juga dapat merujuk ke tradisi tertentu rakyat, blues dan bermain gitar negara di Amerika Serikat. 
3. Musik diatur untuk fingerstyle bermain dapat mencakup akord, arpeggio dan elemen lain seperti harmonik buatan, menggedor dan menarik dari dengan tangan resah, menggunakan tubuh gitar percussively, dan banyak teknik lainnya. Banyak kali, gitaris akan memainkan akord dan melodi secara bersamaan, memberikan perasaan canggih kedalaman lagu. Fingerpicking adalah teknik standar pada klasik atau nilon senar gitar, namun dianggap lebih teknik khusus pada tali baja gitar dan bahkan kurang biasa pada gitar listrik. 
Kesimpulan, fingerstyle itu adalah teknik memetik gitar dengan jari langsung atau bisa menggunakan pick dan masing-masing fungsi jari bisa memtik not secara individual. Jadi, hasil semua nada (musik, vokal dari lagu) atau suara umumnya berasal  dari satu alat musik atau permainan solo, yaitu gitar akustik. Artikel terkait; Belajar Chord Gitar.

Di Indonesia sendiri sudah banyak penggemar Fingerstyle dan pemainnya. Semoga kelak kita bisa sukses memainkan teknik gitar Fingerstyle.

Previous
Next Post »

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon