Belajar Chord Gitar

Belajar chords gitar - Chord Gitar, terdiri dari dua huruf yaitu chord dan gitar. Chord adalah, arti dari bahasa inggris yaitu senar. Sedangkan Gitar, kita pasti tau ini sejak kita telah mengenal musik yaitu salah satu jenis alat musik petik. Tujuan dari chord gitar adalah supaya bisa memainkan gitar.

Membahas mengenai belajar gitar, hampir setiap orang berkeinginan dan bisa memainkan gitar. Salah satu jenis alat musik ini yang dilengkapi 6 senar dan pada umumnya terdiri dari 2 jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Mengenal jenis-jenis gitar dan penjelasan

Sebelum benar-benar belajar chords/kunci gitar alangkah lebih baik kita mengenal alat musik yang ingin kita pelajari. Pada umumnya ada tiga jenis gitar yang perlu diketahui untuk pengetahuan dasar bagi kita yang ingin mendalamkan permainan gitar. Berikut penjelasan tetang gitar;

1. Gitar Akustik

Gitar akustik adalah jenis alat musik petik yang dapat langsung dimainkan tanpa membutuhkan alat bantuan lainnya seperti; output sound dan sebagainya. Jenis alat musik ini sangat umum dan populer baik di Indonesia maupun dunia. Gitar akustik elektrik sangat digemari oleh setiap pemula yang jiwanya dan berniat ingin belajar gitar. Bahkan, orang yang tidak ingin belajar gitarpun menyukai alat musik ini (jika pada dasarnya adalah penikmat musik).

Selain sederhana dan mudah dibawa kemana-kemana, dari segi biayapun tidak memberatkan untuk setiap orang yang ini memiliki gitar akustik. Namun, yang menjadi tolak ukurnya adalah harga. Gitar akustik dengan harga yang mahal dan bermerek, kualitas dan hasil suara dari gitarnya tidak diragukan lagi. Artinya, spesifikasi gitar tersebut sudah memenuhi standar.

Gitar akustik dengan harga yang murah, kualitas dan hasil suaranya masih tanda tanya. Artinya butuh ketelitian ketika membeli. Bisa jadi kualitas dan suara yang dihasilkan masih di bawah standar. Tidak tahan lama dan cepat baling (kedudukan dan jarak senar rusak), otomatis suara atau nada dari petikan gitar juga tidak sempurna lagi.

2. Gitar Elektrik

Gitar elektrik, adalah alat musik petik yang ketika menggunakannya harus dibantu dengan beberapa alat lain. Seperti; sound system, ampli, efek dan sebagainya. Gitar elektrik sering kita lihat atau digunakan oleh pemain menengah ke atas ketika manggung atau konser (kategori orang yang bisa memainkan gitar), selain penggunaanya di area terbuka gitar elektrik juga digunakan di ruang tertutup. Seperti kamar, studio rental musik, ruang rekaman dan lainnya sebagainya.

Alat musik ini sama halnya dengan gitar biasa ketika dimainkan, namun perbedaannya adalah nada-nada yang di keluarkan alat jenis alat musik ini lebih bervariasi atau banyak jenis. Ini disebabkan oleh penggunaan efek. Banyak item-item tambahan yang diperlukan gitar elektrik, seperti: efek gitar, pick up, ampli dengan berbagai jenis, dan kabel jel. Ini semua tergantung tempat dan kebutuhan ketika digunakan atau memainkan gitar ini.

3. Gitar Akustik Elektrik

Gitar ini adalah pada dasarnya merupakan gitar akustik. Perbedaan Gitar Akustik Elektrik dengan Gitar Akustik yaitu, gitar akustik elektrik telah di tambahkan item digital di dalam body gitar. Berupa tunner, spul (pick up), dan kabel jek gitar. Kelebihan Gitar Akustik Elektrik yaitu dapat digunakan di ruang terbuka, artinya dengan item tambahan di atas (spul, kabel jek dsb) gitar ini bisa di sambungkan ke ampli. Jadi, suaranya bisa lebih keras daripada gitar akustik biasa.
Gambar gitar akustik elektrik
Gambar gitar akustik elektrik

Terlepas dari jenis gitar di atas, baik itu gitar akustik, gitar elektrik dan gitar akustik elektrik, kualitas dan hasil suara atau nada. Kita bisa mendalaminya seiring kita terus belajar chord gitar dan seputar informasi tentang gitar.

Berikut artikel yang bisa membantu belajar kunci gitar/chords gitar untuk pemula;



Untuk bisa memainkan gitar?
Filosofi "bisa", seseorang bisa melakukan suatu hal pada dasarnya adalah karena "biasa"
Artinya, biasa mempelajari gitar maka bisa memainkan gitar.
"Kebiasaan adalah kekuatan."
Selamat belajar! 

First

Terima kasih telah mengunjungi situs belajar kunci gitar, silahkan tinggalkan komentar untuk pertanyaan atau permintaan gambar kunci gitar ConversionConversion EmoticonEmoticon